Music

Sabtu, 22 November 2014

Iklan dan Promosi

DARIN QONITAH
12213042
2EA27

Iklan dan Promosi
Apa itu iklan? Iklan atau Advertising, adalah kegiatan untuk mengumumkan keberadaan sebuah product atau business kepada publik.
Media distribusi iklan bisa banyak medium yang digunakan. Mulai dari media cetak, selebaran, banner gantung dipinggir jalan, sticker tempel di angkot - angkot atau pun billboard dan baliho - baliho di tempat - tempat yang strategis. Iklan juga didistribusikan dengan menggunakan media electronic seperti media radio, televisi dan internet.
Contoh yang paling sering kita lihat adalah iklan rokok ditelevisi, iklan sabun, iklan shampoo dan sebagainya.
Sebagai bagian dari kegiatan untuk menaikkan angka penjualan, secara substantial iklan yang sering kita lihat di media electronik atau pun cetak hanyalah sekedar mengumumkan keberadaan suatu product atau business kepada publik melalui pesan yang di kampanyekan oleh iklan tersebut. Dan iklan tersebut umumnya tidak punya kekuatan apapun yang bisa membuat para pendengarnya untuk segera membeli product tersebut. Selain hanya suguhan selingan untuk menarik perhatian kita saja, yang tentu saja sangat mahal biayanya. Sementara hasilnya malah tidak bisa di ukur secara pasti.

Lalu, apa itu Promosi? Promosi adalah kegiatan kampanye bagi sebuah product atau pun business yang selalu ditandai oleh adanya pemberian incentive atau rewards untuk merangsang pasar bergerak dan bertindak (membeli) product yang di kampanyekan dalam ajang promosi tersebut saat itu juga. Promosi selalu menggunakan rewards dan limited offers (penawaran dalam kondisi terbatas – baik dari sisi waktu atau ketersediaan rewards) sebagai stressing. Artinya, promosi memberikan hadiah bagi semua orang yang mau membeli product yang dipromosikan tersebut saat itu juga atau dalam tenggang waktu masa promosi.
Incentive dalam promosi umumnya berupa :
  • Pemberian bonus hadiah
  • Pemberian Discount
  • Pemberian Voucher Potongan Harga
  • Kupon undian
Contoh promosi yang paling sering kita lihat di beberapa supermarket. Sebuah product di jual dengan tambahan hadiah product lain seperti, beli susu kemasan 900 gram berhadiah langsung 10% dengan harga yang sama. Ada juga sebuah product Refill Obat Nyamuk yang jika beli 2 kaleng berhadiah langsung alat penyemprotnya.
Salah satu pembeda antara IKLAN dan PROMOSI adalah waktu. IKLAN tidak mempunyai batas waktu, sementara PROMOSI selalu ada tenggang waktu yang diberlakukan sebagai alat stressing bagi kegiatan tersebut.

Beda antara iklan dan promosi ditinjau dari sisi “tujuan” adalah sebagai berikut :
Iklan berupaya untuk mengkomunikasikan pesan penjualan, sedangkan promosi penjualan menawarkan hadiah, pada periode waktu tertentu, supaya konsumen membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
Iklan selalu di pertimbangkan untuk tujuan jangka panjang, sementara promosi penjualan didesain untuk tanggapan segera dan selalu dalam jangka periode pendek.
Iklan sering kali digunakan untuk membangun citra merk produk, sedangkan promosi penjualan berorentasi pada tindakan (action) tujuannya adalah penjualan segera.
Iklan senantiasa menambahkan nilai presepsi pada suatu merk, akan tetapi promosi penjualan menambahkan nilai sebenarnya dalam upaya menciptakan penjualan.

Dari segi aksinya, periklanan umumnya lebih baik digunakan dalam membangun kesadaran (awareness) akan merk, dan dalam memposisikan merk diantara para pesaingnya. Sementara promosi penjualan lebih kuat dalam menstimulasi pembelian produk baru, dan jauh lebih efektif dalam mengembangkan distribusi suatu produk, serta membantu membujuk konsumen untuk “menyetok “ merk tertentu.

Apa itu UKM (Usaha kecil Menengah)? UKM (Usaha Kecil dan Menengah) adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, dan usaha yang berdiri sendiri. 
Apakah UKM (Usaha Kecil dan Menengah) perlu iklan atau tidak? Jawabannya adalah iya perlu. Mengapa? Karena untuk menarik pelanggan memerlukan media iklan seperti media cetak berupa selebaran, spanduk, banner dan sebagainya dan media elektronik berupa televisi, web, radio dan sebagainya. Dengan iklan, UKM meningkatkan perekonomian dan untuk memperoleh laba.


SUMBER :
http://azizristouvani.blogspot.com/2013/11/apa-bedanya-iklan-promosi.html

http://stephanieoctaviani-takmenyerah.blogspot.com/2010/11/makalah-usaha-kecil-menengah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar